Pengolahan sampah

Halaman ini ditujukan untuk merangkum apa yg saya tahu seputar teknologi pengolahan sampah. Sampah di Indonesia merupakan permasalahan yg belum mendapat perhatian serius. Sampah menggunung di berbagai tempat. Gunungan sampah menyebabkan bau dan menjadi sumber penyakit. Saluran air tersumbat karena sampah dan sumber air pun tercemar. Dan berbagai macam dampak lainnya.

Di banyak negara, sampah ditangani secara terpadu. Sampah berbahan dasar organik, plastik dan lainnya, bahkan kertas, dipisahkan karena penanganan sampah berbeda tergantung dari jenis sampahnya. Setiap rumah tangga diberikan 2 atau 3 kontainer yang digunakan untuk mengumpulkan sampah2 tsb. Perusahaan pengolah sampah (bisa dari negara atau pun swasta) akan berkeliling mengumpulkan sampah organik pada hari Rabu, dua minggu sekali, misalnya. Sampah plastik dan lainnya dikumpulkan pada hari Rabu di minggu berikutnya. Sampah kertas jg spt itu, dikumpulkan pada hari yg bersamaan dengan sampah plastik. Masing2 RT/RW memiliki jadwal pengumpulan sampah pada hari yg berbeda2, tergantung dari ketersediaan truk pengangkut sampah dan luas daerahnya.

Di tempat pengolahan sampah, ada beberapa teknologi yang biasanya diaplikasikan, yaitu:

  • Sampah kertas secara spesifik bisa diolah sebagai berikut:
    • didaur ulang. Kertas dibersihkan dari tinta dan plastiknya, kemudian dijadikan pulp. Pulp ini kemudian dikirim ke pabrik kertas untuk digunakan kembali sebagai bahan baku.
    • Difermentasi setelah dibersihkan untuk menghasilkan senyawa2 kimia yg berguna spt alkohol. Kertas pada dasarnya adalah cellulose yg mmg merupakan bahan baku utk fermentasi bioethanol.
  • Sampah plastik secara spesifik bisa diolah sebagai berikut:
    • Didaur ulang secara mekanikal utk dijadikan benda2 plastik lainnya spt bangku taman, tempat sampah, hiasan, dll.
    • Didaur ulang secara kimiawi secara pyrolysis untuk mengambil kembali bahan baku plastik spt polyethylene, polypropylene, aromatik, atau bahkan untuk bahan bakar minyak (bensin dan diesel).
  • Sampah organik secara spesifik bisa diolah sebagai berikut:
    • Diolah secara anaerobik oleh bakteri anaerob untuk menghasilkan gas CH4 dan CO2. Gas CH4 bisa digunakan selanjutnya sbg pengganti LPG utk memasak, CNG utk kenderaan bermotor, atau bahkan diekspor sbg LNG. Di negara2 yg dingin, biasanya udah tersedia jalur distribusi gas CH4 ke rumah2 penduduk. Gas ini kemudian dibakar utk memanaskan air dan jg utk memasak.
    • Sisa padatan hasil anaerobik di atas digunakan sebagai pupuk.
  • Di beberapa tempat, sampah selain sampah organik biasanya dibakar untuk menghasilkan listrik lewat turbin gas dan kemudian diambil energinya dlm bentuk kalor (thermal).
  • Di lain tempat, sampah2 tsb, biasa disebut sebagai municipal solid waste (MSW), digasifikasi untuk menghasilkan syngas. Syngas kemudian dibakar untuk menghasilkan listrik lewat gas turbin dan energi thermalnya. Keuntungannya adalah sampah2 ini tidak perlu dipisahkan terlebih dahulu oleh para penduduk. Kerugiannya adalah sampah2 tsb tidak diolah secara optimal.

Air limbah rumah tangga jg seharusnya dialirkan ke satu tempat pengolahan air limbah. Lokasi dan ukuran pengolahan air limbah ini jg tergantung dari daerah dan besar daerah yg dilayaninya. Lewat teknologi terbaru seperti Nereda, air bisa dimurnikan dengan lebih efektif dan efisien. Di beberapa tempat, padatan hasil aktivitas bakteri di bagian pengolahan air limbah biologisnya dipisahkan. Kemudian padatan tsb dijadikan bahan baku utk aktivitas bakteri anaerob untuk menghasilkan gas CH4 dan CO2.

Tulisan2 di link2 berikut akan menggambarkan dengan sedikit lebih detail mengenai teknologi2 pengolahan sampah yg ada.

  • Nereda wastewater treatment
  • MSW gasification for electric and heat
  • Biogas dari sampah rumah tangga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: