Engineering lain2

Halaman ini akan me-link ke dua hal yg berbeda sama sekali dgn apa yg pernah saya pelajari di bangku kuliah. Dua hal tsb adalah api (fire) dan warna (color). Persentuhan saya dgn dua hal ini terjadi ketika saya bekerja di sebuah perusahaan yg membuat panel berbahan dasar kayu utk bangunan dan furniture. Produknya adalah high pressure laminate (HPL) yg digunakan sbg facade, furniture kantor dan laboratorium.

Utk bisa diperjualbelikan sbg produk yg aman, produk ini mesti lulus dr uji api (fire test) yg spesifik utk negara2 tersebut. Oleh karena ini lah makanya di universitas2 di negara2 skandinavia ada department yg khusus mempelajari ini. Mereka menyebutnya kurang lbh sbg fire safety and engineering for building materials. Dr pengetahuan ttg ini lah saya menuliskan ttg fire materials and engineering.

Di project selanjutnya, saya bertugas utk memastikan klo warna2 yg ada di permukaan panel tsb bisa dikontrol. Konsisten utk setiap produksi. Dari sinilah pengetahuan saya ttg warna bertambah. Dan kemudian saya tau ternyata warna bisa dihitung🙂 Tulisannya ada di halaman color science and engineering.

%d bloggers like this: