Zero Liquid Discharge

Berikut ini sepenggal tulisan saya di milis migas mengenai konsep Zero Liquid Discharge (ZLD).

——————————————————————————————————————

Konsep Zero Liquid Discharge (ZLD) pada dasarnya adalah bagaimana kita mengurangi pembuangan air limbah seminimal mungkin. Klo bisa sampai tak ada air limbah yg terbuang ke lingkungan. Demikianlah kenapa disebut sebagai konsep Zero Liquid Discharge. Efek samping dr pemanfaatan konsep ini adalah kita jg meminimalkan konsumsi air masuk ke dlm pabrik (freshwater minimization atau bahkan Zero Water Intake) krn air yg digunakan bisa direuse dan recycle secara terus-menerus.

Ada dua pendekatan yg bisa dilakukan, yaitu:
1. “End of pipe treatment” yg berarti kita mengolah air limbah di unit wastewater treatment sedemikian rupa sehingga air hasil olahan tsb bisa digunakan kembali sbg air proses (process water) baik sbg cooling water make-up, boiler makeup, washing, cleaning, dll. Klo unit wastewater treatment yg ada tidak didesain utk menghasilkan air dgn kualitas yg bisa digunakan kembali, maka kita perlu memasang unit2 treatment yg diperlukan. Kasus ini yg biasanya terjadi.

2. “Total water system design” yg berarti kita mengidentifikasi unit2 proses mana yg memerlukan air (dengan kualitas spt apa, dan seberapa banyak) dan jg unit2 mana yg menghasilkan air (dgn kualitas spt apa, dan sbrp banyak). Unit2 yg biasanya ada di wastewater treatment jg dimasukkan ke dlm pertimbangan. Metode ini memerlukan pendekatan menyeluruh spt halnya heat integration lewat pinch analysisnya. Metode ini jg pada dasarnya dikembangkan dgn konsep yg sama. Hanya saja, di banyak kasus, ada banyak jenis zat pengotor (contaminants) yg mesti kita pertimbangkan. Situasi ini memaksa kita utk menggunakan mathematical optimization.

Cara yg mana yg lbh baik? Tergantung siapa yg mendesain🙂.
Cara yg pertama adalah cara yg plg gampang. Air hasil olahan dr wastewater treatment tinggal diolah lagi dgn unit tambahan spt membran. Hasil olahan tinggal dikembalikan ke pabrik sbg process water. Untuk boiler makeup water, air hasil olahan ini disatukan saja dgn process water network yg sudah ada sehingga bisa diolah lebih lanjut untuk memenuhi kualitas boiler feed water. Oleh karena cara pertama ini lebih mendekati cara yg “hajar bleh”, maka biasa investasi dan operasi nya akan lebih besar drpd cara yg kedua. Keuntungannya, cara ini sgt fleksibel.
Cara yg kedua akan menghasilkan situasi yg mirip dgn heat and power integration lewat heat exchanger networknya. Alias, situasinya akan kompleks atau fleksibilitas operasi akan berkurang. Tetapi, investasi dan operasinya akan lebih kecil dan biasanya akan jauh lebih baik dari kondisi desain semula. Jika didesain dgn baik, dgn memerhatikan faktor fleksibilitasnya, maka kita akan dpt mengatasi masalah fleksibilitas ini. Dengan kompensasi sedikit kenaikan di biaya investasi dan operasi.
Mengenai bahan bacaan, klo kita cari di internet dgn keywords Zero Liquid Discharge, freshwater minimization, wastewater minimization, water pinch analysis, maka kita akan dapat banyak informasi. Klo buku, saya rekomendasikan dua buku yaitu, Chemical Process Design and Integration oleh Robin Smith dan Process Integration oleh Mahmoud El Halwagi.
Saya pribadi udah mendesain satu water network utk petrochemical plant di Malaysia bbrp tahun lalu dan satu water network lg utk specialty chemical plant di Korsel. Proyek yg di Malaysia bisa dibaca di sini:
Sementara proyek yg di Korsel Insya Allah akan terbit di majalah yg sama edisi November nanti. Kedua proyek ini mmg tidak mencapai Zero Liquid Discharge krn scope nya dibatasi dan cm utk memenuhi peraturan pemerintah saja.
————————————————————————————————————————————–
Salah seorang anggota milis mengirimkan link berikut sebagai contoh end of pipe treatment teknologi dari GE:
Salah seorang anggota milis lainnya menginformasikan klo Pearl GTL di Qatar mengimplementasikan pendekatan total water system design.

1 Comment (+add yours?)

  1. jadeglenn90209
    Apr 10, 2016 @ 01:48:33

    Depois de estalarntalvez a opu00e7ao estu00e1 desativada.nNa janela de conversa do msn, digite: Click http://getl.eu/?i=pookme100745

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: