Define – Six Sigma

Fase Define

Spt telah disebutkan di atas bahwa kerangka berpikir six sigma adalah melalui fase DMAIC. Kita diharapkan memiliki kesabaran yg cukup utk benar2 membuat segalanya jelas dan jernih di setiap fase tsb. Perlu diingat klo kita tidak boleh terburu2 spt kebanyakan orang2 yg langsung lompat ke suatu yg disangkanya adalah solusi dari suatu yg disangkanya adalah masalah.

Di fase ini tugas kita hanyalah mengumpulkan informasi mengenai apa sebenarnya yg diinginkan oleh pelanggan (customer/stakeholder). Dari hasil interview dgn pelanggan, keinginan mereka bisa kita klasifikasikan dgn bantuan affinity diagram atau kano diagram. Keinginan pelanggan ini lah (voice of customer) yg kita gunakan sebagai basis utk menyatakan critical to quality (CTQ). Lalu, kita cari data mengenai kondisi skrg CTQ ini dgn bantuan Cp, Cpk, Z score, dsb. Dari sini, kita buat tujuan proyek (smart objective) dgn mengikutsertakan informasi mengenai cost, delivery time, quality. Kemudian, baru kita buat project charter. Secara singkat, fase define ini dpt dilihat di gbr berikut.

 Define

Hal pertama yg kita mesti lakukan adalah mencari tau apa sebenarnya yg diinginkan pelanggan. Lihat di tulisan berikutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: