Perhitungan efisiensi kondensor

Berikut adalah tulisan saya di milis teknik kimia dlm satu diskusi mengenai perhitungan efisiensi kondensor. Cuma sbg pengingat dan kalimatnya pun gak tersusun rapi.

———————————————————————————————————————————————–

Untuk mengevaluasi kinerja suatu unit, kita tinggal mengukur dan/atau menghitung kinerja unit tsb dari data2 yg ada dan membandingkannya dgn kinerja yg seharusnya. Kinerja yg seharusnya ini pasti ada di datasheet unit tsb.
Ambil contoh sederhana si kondensor ini. Dari datasheet yg ada (klo datanya gak ada, cari sampai ada. Klo perlu, bongkar unit tsb :D), kita bisa lihat berapa jumlah tube nya (klo shell & tube), atau berapa luas permukaan heat transfer nya, bagaimana konfigurasinya, berapa laju alir panas dan dinginnya, berapa temperature inlet dan outlet desainnya, berapa estimasi overall heat transfer coefficientnya.
Dari data2 di lapangan, tentunya kita bisa melihat berapa laju alir panas dan dinginnya, serta berapa temperature inlet dan outlet dari kedua aliran tsb. Dgn data desain kondenser tsb, kita bisa menghitung perkiraan pressure dropnya, menghitung perkiraan overall heat transfer coefficientnya, dan kemudian menghitung ulang apakah luas permukaan yg tersedia tercukupi atau tidak. 
Jika luas permukaan yg dihitung lbh kecil drpd data yg ada, berarti kondenser tsb harusnya berkinerja lbh baik lg. Besar selisihnya adalah inefisiensi kondenser tsb. Ini adalah kasus yg biasanya terjadi.
Jika luas permukaan yg dihitung lbh besar drpd data yg ada, berarti kondenser tsb berkinerja sangat baik. Atau datanya salah. Atau asumsi pas saat desainnya salah. Atau telah terjadi perubahan properties fluida yg digunakan dari saat desain dgn skrg ini.

 —————————————————————————————————————————————————————–

Yak, setuju dgn Pak Cahyo. Overall heat transfer coefficient (U) ini cuma hasil perhitungan (dari korelasi2 yg dibikin orang2). Kasarnya, U adalah hasil estimasi, yg mesti diperiksa. Sementara A merupakan luas permukaan heat exchanger yg bisa kita hitung/ukur lgsg krn bendanya ada di depan mata kita😀.
Nambahin jg mengenai U; menurut Nusselt, selain merupakan fungsi kecepatan, U jg merupakan fungsi dari properties fluida tsb yg meliputi density, viscosity, dan thermal conductivity. Karena density yg jauh lbh rendah daripada air (water), maka udara sudah pasti memiliki heat transfer coefficient yg jauh lbh rendah. Meskipun kecepatan udara tsb kita bikin semaksimal mungkin. Untuk mengkompensasi ini, maka ukuran heat exchanger unit utk udara dibikin relatif cukup besar. Inilah sebabnya kita lihat bahwa ukuran air cooler (kipas angin / fin-fan) itu jauh lbh besar drpd sebuah shell & tube (liquid-liquid) heat exchanger, misalnya.
Oya, dalam kasus2 evaluasi spt ini, yg pertama mesti kita pastikan adalah apakah alat ukurnya berjalan dgn baik atau tidak, hehehe… Baik itu flowmeter ataupun termokopelnya. Klo alat2 pengukur ini gak beres, hasil evaluasi kita pun bisa melenceng.
——————————————————————————————————————————————————————–
Pak Riduan,
H di sini apakah berarti enthalpy ya? delta H shell berarti enthalpy masuk – enthalpy keluar (atau sebaliknya), begitu?
Klo data yg ada menunjukkan bahwa delta H shell > delta H tube, apakah artinya efisiensinya lebih dari 100%? Atau fluida di shell melepas energi ke lingkungan dan tidak ke fluida di tube? Atau mungkin fluida di shell menerima energi dari lingkungan, tidak semata dari fluida di tube?
Klo data yg ada menunjukkan sebaliknya, bahwa delta H shell < delta H tube, kita bisa “merasa sedikit aman dan percaya diri” dgn nilai efisiensi yg lebih kecil dari 100%.
Anyhow, pertanyaan dari Pak Andika ini akan jauh lebih bisa dicari jawabannya jika data2 mengenai si kondensor itu diberi tau.

——————————————————————————————————————————————————————–

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: