Nasihat MRB kepada ZAP

Keadaan kita yang sekarang belum tentu seperti apa yang dahulu kita harapkan. Apa yang kita mau belum tentu terjadi. Hidup kita terperangkap di antara dua spektrum, masa lalu dan masa depan. Masa lalu terpasung dalam goresan sejarah, sedangkan masa depan adalah misteri besar. Kunci dari kesalihan adalah kebijaksanaan dalam menyikapi perjalanan hidup.

Pada akhirnya, manusia tidak lebih dari hanya peziarah. Melupakan tujuan ahir dari perjalanan merupakan awal dari ketersesatan dan kegagalan yang sesungguhnya. Semakin jauh kita melangkah semakin berat beban yang kita panggul. Kita bukan hanya jadi peziarah namun diharuskan menjadi pemandu dari orang-orang di sekeliling kita. Namun, besarnya beban harusnya bukan menjadi hambatan. Itu merupakan pertanda bahwa kita semakin dekat kepada tujuan. Semakin besar beban, semakin hati-hati kita berjalan karena kesalahan kita bukan lagi kita tanggung sendiri. Namun ditanggung juga oleh orang-orang yang menambatkan ziarahnya kepada kita.

Mulailah dari akhir, selami mendalam titik akhir dari perjalanan yang sedang kita lalui. Di setiap persimpangan yang kita lalui, lihat kembali peta petunjuk jalan, aktifkan kompas penunjuk arah, lihat seksama sekeliling untuk mengatahui titik keberadaan kita. Kita bisa jadi berada pada persimpangan sulit. Namun, kesukaran merupakan bukti bahwa kita telah tumbuh besar, berjalan jauh, bersimbah peluh.

Sebagian dari tanda-tanda orang saleh adalah mereka yang mengambil hikmah dan pelajaran sebesar-besarnya dari masa lalu, bersyukur dengan apa yang diterimanya sekarang dan tidak pernah pupus harapan dengan masa depan.

(Nasihat MRB kepada ZAP, 22 Agustus 2013, 7:23 PM CET)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: