Second note, operational issues

Secara prinsip, gak ada bedanya dgn biogas2 yg udah ada di Indonesia. Perbedaan utama yg ingin kita presentasikan adalah jenis feednya, yaitu organic waste dr limbah rumah tangga. Organic wastenya berupa sisa2 makanan spt nasi, kulit buah (asal jgn kulit buah durian), sisa sayur, mungkin jg minyak jelantah (perlu kita teliti lbh lanjut).
Desain 1 m3 tank ini utk sekitar 2 kg/hari (10-15% solid, sisanya air). Tipikal limbah organik rumah tangga. Klo utk rumah makan padang sptnya kita perlu yg lbh besar atau bbrp tangki parallel, hehehe… Spt yg kita pelajari, feed mesti dlm bentuk yg kecil2 (ada org yg pake blender utk ini) utk memperluas luas kontak reaksi.
Mixing jg diperlukan utk efektivitas kontak reaksi. Kita coba mixing bbrp menit, 3 kali sehari (kyk minum obat :D)
Reaktor akan beroperasi di zona mesophilic dgn rentang temperature 30-40 degC, dan retention time 30-40 hari.
Temperature mesti dijaga konstan. Klo utk daerah di Indonesia umumnya, temperature sptnya konstant. Tangkinya klo bisa kita bikin warna hitam utk mengabsorp energi matahari sepenuhnya. Sptnya mesti kita tempatkan di tempat yg ada atapnya spy gak kena hujan agar fluktuasi temperaturenya gak terlalu besar.
Klo di negara2 skandinavia, mereka pake temperature control dr waste heat generator yg diperoleh dr pembakaran biogasnya (biogas mereka bakar utk gas turbine for electricity power).
Reaktor kita tempatkan di open space dan well ventilated agar klo gas bocor, gak akan ada akumulasi gas di sekitar reaktor krn well ventilated. Kita gak perlu khawatir ttg explosion methane (explosion limit: 5-20%), kehabisan udara krn CO2, dan keracunan gas H2S.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: