First thought, goal definition

Tujuan awak sbnrnya adalah utk mengetahui solid content optimum utk feed limbah organik ini (dgn komposisi carbohydrate, fat, dan protein). Klo org2 bilang, solid content utk feed yg biasanya dr manure sekitar 5 – 20%. Klo terlalu tinggi, kita akan kekurangan air dan reaksi hydrolisis tdk akan berjalan dgn baik. Klo terlalu rendah, ya airnya kebanyakan. Jdnya tdk ekonomis. Nah, utk limbah organik kita ini berapa ya shg gas methane yg dihasilkan maksimum?
Solid content ini pastinya tergantung dr komposisi feed yg kita punya. Klo komposisi antara carbohydrate, fat, dan proteinnya beda tentunya jumlah air yg ditambahkan akan berbeda tgtg kebutuhan utk menghydrolisis carbohydrate, fat, dan protein tsb. Terus aku kepikiran utk memisahkan feednya jd feed carbohydrate doang (misalnya cuma sisa nasi) atau fat saja (kita masukin minyak tok) atau protein saja (kita masukin sisa ikan atau kacang2an). Klo begini, aplikasinya bakalan repot kyknya ya, hehehe… Terus awak kepikiran klo kita sebaiknya udah memulai kerjasama dgn satu rumah makan yg limbahnya bisa kita ambil. Dgn begitu, komposisi antara carbohydrate, fat, dan protein utk feed kita krg lbh bisa konsisten sepanjang operasi. Kan mereka masaknya itu2 aja tiap hari ya, hehehe… kan ga mungkin satu hari bikin sate padang, besoknya bikin spageti, hahahaha…
Selain solid content ini, saya jg ingin tahu misalnya terjadi sesuatu yg aneh2 (misalnya produksi methanenya berkurang), apa yg mesti kita lakukan? Ini berkaitan dgn salah satunya pH di dlm reaktornya. Klo yg lain spt pengadukan, tinggal kita aduk. Ukuran solidnya kebesaran, tinggal dikecilin. Nah, si pH ini berkaitan dgn jumlah ammonia (dr protein) dan fatty acid (dr fat) yg dihasilkan selama reaksi. Apa klo misalnya pHnya tinggi, terus kita masukkan feed dgn komposisi minyak jelantah yg lbh banyak, spy fatty acid jd tinggi dan pH kembali netral? Dan sebaliknya, klo pHnya terlalu rendah, maka kita masukkan sisa2 ikan atau telur lbh banyak spy ammonia yg dihasilkan jd lbh banyak? Pertanyaan2 spt ini yg saya mau tau.
Btw busway, kita bisa mengukur pH, temperature, konsentrasi CH4, CO2, dan H2?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: