Belajar membuat GUI di matlab

Hasil record statistik di blog ini menunjukkan ternyata banyak search dilakukan dgn keyword yg berhubungan dgn membuat Graphical User Interface (GUI) di Matlab. Mmg ada bbrp coretan2 di blog ini yg berhubungan dgn GUI di matlab, terutama kode2 yg saya pikir perlu dicatat spt:

dan bbrp contoh hasil aplikasinya spt:

Namun, detail cara2 membuat GUI ini gak kan dijelaskan di blog ini. Ada blog terbaik yg pernah saya jumpai utk mempelajari bagaimana membuat GUI di Matlab. Semua yg saya tau ttg GUI dan Matlab saya pelajari dr sana. Blog tsb ada di sini:

http://blinkdagger.com/matlab/matlab-gui-graphical-user-interface-tutorial-for-beginners/

Atau, bisa jg dipelajari dr buku di bawah ini yg mnrt saya sgt bagus:

Gunaidi Abdia Away, 2006, “The Shortcut of Matlab Programming”, Penerbit Informatika, Bandung

So, selamat belajar!!!

5 Comments (+add yours?)

  1. wijeck
    May 07, 2013 @ 10:29:45

    gan bisa tolong ane nggak…..hehe
    ane dikasih tugas nih untuk memprakirakan debu pada luas/jarak dari cerobong asap.
    ane punya modul dan kode GUI matlapnya gan, cuma ane baru belajar, sehingga memasukan tambahan kode itu kliru.
    tolong bales ane gan di :
    wijeck32@gmail.com

    Reply

    • zapthegreat
      May 07, 2013 @ 20:46:45

      Hi Pak/Bu/Mas/Mbak/Dik/Kak,

      Terima kasih atas komennya. Sama2 saya jg sedang belajar. Klo masalah “bisa”, saya blom tau krn di laptop saya skrg gak ada matlab. Klo masalah “mau membantu”, bagi saya gak ada masalah. Insya Allah saya bantu. Pertanyaan saya yg pertama, kenapa harus pake matlab dan kenapa harus pake GUI?

      Salam kenal,
      Zulfan

      Reply

  2. duip
    May 15, 2013 @ 10:52:16

    mas saya mau buat GUI di MATLAB tentang cross product pada vektor mas,kira2 bisa bantu mas

    Reply

  3. duip
    May 15, 2013 @ 10:54:13

    Tugas Kuliah sih mas,cuma saya bingung mulai dari mana..disuruh mencari nilai dot dan cross dari 3 buah vektor mas,misal i,j dan k….

    Reply

    • zapthegreat
      May 15, 2013 @ 16:25:52

      Mas/Mbak DUIP,

      Terima kasih atas commentnya. Klo menurut saya, mencari nilai dot dan cross dari vektor ini masalah hitung2an biasa aja. Kita bisa mulai dari membuat block input vektornya, terus tambahin button utk menghitung. Di balik button itu kita bikin kode program utk perhitungannya. Hasil perhitungannya ditampilkan ke satu blok lain, katakanlah outputnya.
      Coba layari link si blinkdagger atau beli buku yg saya tulis di post ini. Dua sumber ini sangat baik utk dibaca dan digunakan utk latihan.

      Semoga sukses,
      Zulfan

      Reply

Leave a Reply

